Full width home advertisement

Perjalanan Umroh & Haji

Explore Nusantara

Jelajah Dunia

Post Page Advertisement [Top]

Bagi mahasiswa baru [seperti ane ini] yang juga baru pertama kali hendak menghujamkan langkahnya di kampus, mungkin masih bingung dengan sebenarnya mahasiswa ideal itu seperti apa. Disini coba saya berikan gambaran tipe mahasisma yang biasanya terdapat di kampus.

The firs : "KuPu- KuPu"

Yang di maksud dengan KuPu- KuPu di sini ialah singkatan dari kuliah. Pulang- kuliah. Pulang. Maksudnya disetiap kampus tuh ada saja yang bertipe ini, jadi mahasiswa yang lebih memilih setelah belajar di kelas, yaa langsung pulang. Di kampus itu cuma buat belajar, setelah jam kuliah habis, karena enggak ada kerjaan lain yaa langsung pulang. Begitu setiap harinya, terus berulaeg hingga tak terasa empat tahun selama kuliah. Bukae berarti gak cukup, itu juga sudah bisa buat kita jadi mahasiswa pintar. Tapi menjadi mahasiswa cerdas tentulah lebih kita ingini kan? Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), dan kecerdasan daya tahan/ juang (AQ).

Second : "KuRa- KuRa"

Kalo yang ini maksudnya kepanjangan dari Kuliah.rapat- Kuliah.rapat. Hmm, pernah denger dengan namanya aktivis kan? Bukan cuma aktivis lingkungan hidup, tapi mahasiswa juga banyak yang jadi aktivis. Karena ingin mengembangkan diri, makanya semua kegiatan kampus di ikutin, pulang kuliah langsung rapat, dan bukan cuma 1x rapat perhari, melainkan bisa lebih dari 3x rapat perhari (itu karena dia ikutin semua kegiatan kampus).
Kalo untuk tipe ini, tentunya juga ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya jika kita ikut sebuah organisasi, maka kita akan belajar banyak hal yang bisa memperkaya pengetahuan kita selain emang pelajaran yang di dapat di bangku kuliah. Apalagi mahasiswa yang berperan sebagai "agen of change " dan juga sebagai " control power " di masyarakat dan pemerintahan. Harus mulai melatih ketangkasan, kreatifitas dan daya tahan, kerjasama dengan berbagai macam karakter orang, dan mampu mengambil keputusan. Karena yang akan menjalankan pemerintahan atau yang berpengaruh di masyarakat nantinya tentulah yang kini masih berstatus mahasiswa (pemuda/ pemudinya) kan?

Kekurangannya dalam tipe ini, jika terlalu memaksakan untuk ikut semua kegiatan/ organisasi. Toh, kita tak perlu mengikuti semua organisasi kampus. Saran saya pilihlah organisasi yang bisa membantu kita untuk mengembangkan potensi diri dan minat kita. Bukan cuma buat bekal di dunia, tapi juga bekal di akhirat dan segala yang dialami selama menjalaninya, itu merupakan arena pembelajaran yang buat kita lebih paham tentang nilai- nilai kehidupan.

Third : " KuNang- KuNang"

KuNang- KuNang disini maksudnya kuliah nangkring- kuliah nangkring. Jadi ada juga lho tipe mahasiswa yang senangnya setelah pulang kuliah tuh langsung nangkring alias jalan- jalan/hang out/cuci mata atau seabrek istilah lainnya dech. Tempatnya juga bervariasi, mulai dari kanting yang paling deket dari kelas, hingga mall- mall dsb. Mereka menghabiskan waktu dengan becanda dan tertawa bersama, terus berlangsung setiap harinya. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk mampu menghargai setiap detik- detik waktu kita. Amiin.

Untuk menjawab mahasiswa ideal, bisa coba disimpulkan sendiri, ketiganya bisa di combine. Karena memang jika hanya mengkotakkan pada satu tipe,saya rasa belumlah dapat di bilang mahasiswa ideal. Mahasiswa yang memiliki peran pengabdian masyarakat juga perlu menunjukan krdibilitasnya sebagai pembeda bahwa kini ia bukan siswa
lagi melainkan MAHASISWA. Tunjukanlah bahwa kesimpulan yang di ambil oleh setiap pribadinya mampu membawa kita menjadi manusia terbaik!!
Lihatlah sekeliling kebih dekat dan seksama yaa. . .

Lantas, Tipe mahasiswa yang manakah saya kini?. . . . . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| All Rights Reserved - Designed by Colorlib