Full width home advertisement

Perjalanan Umroh & Haji

Explore Nusantara

Jelajah Dunia

Post Page Advertisement [Top]


Annisa Travel Adakan Pelatihan Tour Leader


Foto : Suasana saat pelatihan perdana Tour Leader Annisa Travel Jakarta


Dalam dunia Travel Agent, yang komitmen dalam memberikan pelayanan dalam Tour dan MICE, seorang Tour Leader (TL) sangat vital perannya. Kenapa demikian? Karena seorang Tour Leader adalah orang yang berada paling depan dalam sebuah perjalan wisata, oleh karena itu seorang Tour Leader harus cekatan dan serba tahu.
Dalam sebuah “Moorning Briefing” yang biasa dilakukan Annisa Travel, agenda pelatihan Tour Leader ini muncul, hal ini dimaksudkan agar karyawan Annisa Travel mumpuni dan mempunyai keahlian dalam memimpin rombongan peserta tour, sehingga kedepan tidak mengambil Tour Leader dari luar perusahaan.
Pada awalnya, agenda pelatihan Tour Leader ini akan dilaksanakan setiap hari sabtu, akan tetapi karena beberapa kendala, agenda pelatihan ini baru bisa terlaksana pada hari Rabu (30/04/2014). Dalam pelatihan perdana tersebut, bertema tentang “How To Be A Tour Leader?” dengan membahas tentang masalah Tugas dan Tanggungjawab Tour Leader.

 Foto: Pak Priyana, BA sedang menjelaskan materi Tugas dan tanggungjawab Tour Leader

Pembicara dalam acara pelatihan ini adalah Bapak Priyana BA, beliau adalah orang yang sudah kenyang makan garam dalam dunia tour, dan sekarang menjabat sebagai Manager Tour and MICE di Annisa Travel Jakarta. Dalam penyampainnya materi perdananya, bapak Priyana menjelaskan tentang apa sih Tour Leader itu? Dan apa tugas dan tanggungjawabnya?
Secara bahasa Tour artinya pelesiran atau berwisata, sedangkan Leader artinya pemimpin atau kepala. Jadi, Tour Leader adalah seorang yang memimpin atau mengepalai suatu rombongan wisata dari mulai berangkat, samapi di destinasi  wisata dan kepulangannya kembali. Lebih lanjut menurut bapak Priyana, seorang tour leader setidaknya mempunyai 4 tugas, yaitu : Pertama orang yang mengkonfirmasi keberangkatan kepada peserta, kedua orang yang mengurus proses di bandara, ketiga koordinasi dnegan local guide dan supir bus, dan keempat proses check in di hotel tujuan.
Agenda pelatihan ini bernuansa series, oleh karena itu focus pembahasan pertemuan perdana ini baru  menitikberatkan pada proses keberangkatan saja, untuk pertemuan minggu depan baru akan menjelaskan kala sudah sampai di destinasi tujuan wisata, apa-apa saja yang harus dilakukan? Oleh karena itu peserta harus mengikuti secarak continue, kalau sepotong-sepotong, maka informasi yang didapatpun akan parsial.
Semoga agenda ini akan terus berlanjut, dan semakin menambah wawasan para peserta dan akhirnya akan berdampat positif pada perkembangan perusahaan. Semoga, Amiin

1 komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| All Rights Reserved - Designed by Colorlib