Full width home advertisement

Perjalanan Umroh & Haji

Explore Nusantara

Jelajah Dunia

Post Page Advertisement [Top]

Nama lengkapnya ialah Abu ‘Isa Muhammad Ibnu ‘Isa Ibn Saurah al-Sulami Al-Tirmidzi, lahir tahun 209 H. di Tirmidz. Ada juga yang berpendapat lahirnya tahun 200 H. Ia banyak berguru dan melakukan perlawatan ke berbagai negeri, seperti ke Khurasan, ‘Iraq dan Hijaz Ia menjadi seorang ‘alim, wara’, dan hafizh. Banyak orang yang memuji karyanya, seperti Abu Laila Al-Khalafi. Kitab karangannya yang terkenal ialah Sunan At-Tirmidzi atau disebut juga Al-Jami’ Ash-Shahih At-Tirmidzi, yang memuat 3.956 hadis, sebagian shahih, sebagian hasan dan sebagian kecil dha’if. Kesemuanya dijelakan nilai hadisnya, serta ‘illahnya bila didapatkan.

Al-Imam At-Tirmidzi itu disamping menekuni bidang hadis, sekaligus juga mempelajari fiqh dari ‘Ulama di berbagai negeri. Dipelajarinya amalan ‘Ulama terhadap hadis, dari ‘Ulama Hanafi, yang terkenal ahli ra’yu, kemudian dari ‘Ulama mazhab Maliki, Syafi’i, dan Hanbali, juga dari Al-Tsawri, Ibn Al-Mubarak dan lain-lain.
Al-Imam At-Tirmidzi juga dikenal tekun, senang berdiskusi, dan menulis, yang dilakukannya hampir sepanjang umurnya. Ia juga terpandang sebagai hafizh, dan faqih, dapat sebagai pengganti posisi Imam Bukhari dan Imam Muslim. Namun demikian dalam mengahdapi masalah baru, yang memerlukan fatwa, Al-Imam At-Tirmidzi selalu menggunakan hadis, daripda fiqh mazhab, setidak tidaknya sebelum mengeluarkan fatwa, ia terlebih dahulu mencari hadis untuk hal yang dimaksud.
Hasil karya tulis yang terkenal Al-Jami’A-Shahih banyak disyarahkan oleh ‘Ulama Hadis, seperti Abu Bakar Ibn al-Arabi, al-Maliki ( 468-543 H.), dalam kitab ‘Aridhatul-Ahwazi. Kemudian Muhammad Ibn Muhammad Ibn Muhammad, yang terkenal dengan sebutan Ibnu Sayidun-Nas As-Syafi’i, menulis dalam kitabnya “ Al-Munqihu al-Syadzi fi Syarhi At-Tirmidzi, dan lebih lima belas ‘Ulama yang membuat Syarahnya.
Ada beberapa catatan karya tulis yang terpenting ialah : 1).Kelebihan Kitab Al-Jami’ As-Shahih al Imam At-Tirmidzi, di akhir kitabnya al-Jami’ As-Shahih dilengkapi dengan fashl Ilmu Illalul Hadis, yang sangat berguna bagi para pembaca. 2).Ditemukan juga hasil karya tulisnya, yakni kitab “Asy-Syamail al-Muhammaiyah” yang terdiri dari dua jilid, yang menjelaskan tentang sifat nabi, baik khalqiyyah/ phisik dan khuluqiyyah / sikap Raulullah SAW.
3) Kitab Ilalul Mufrad atau Al-Ilal Al-Kabir, mendapatkan bahan dari al-Bukhari.
4). Kitab Zuhud,. yang merupakan kitab tersendiri, yang tidak sempat diamankan, shingga tidak dapat diketemukan.
5) .Imam At-Tirmidzi juga menulis kitabAl-Tarikh, Kitab Al-Asma’ Al-Shahabah, Kitab Al-Asma’ wa al-Kun-ya dan kitab al-Atsar Al Mauqufah, dll.
Mengenai bacaan kata Turmudz, Tirmidz atau Tarmidz, sesungguhnya memang berbeda lembaga yang menggunakan. Menurut ejaan resmi pemerintah Rusia yang berkuasa pada saat itu adalah Tirmidz, sedangkan menurut dialek penduduk asli adalah Tarmidz, ketika didengarkan, orang-orang ajam menyebutnya dengan Turmudz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| All Rights Reserved - Designed by Colorlib