Full width home advertisement

Perjalanan Umroh & Haji

Explore Nusantara

Jelajah Dunia

Post Page Advertisement [Top]

BAB I

PENDAHULUAN

A. Dasar Pemikiran

Salah satu penunjang utama kemajuan suatu bangsa adalah sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif. Dengan sumber daya manusia yang seperti ini, masyarakat mampu mengembangkan segala sesuatu yang mereka miliki manjadi hal yang bernilai dan diperlakukan. Demi ekplorasi dan kualitas yang terpendam dalam diri, mereka tidak boleh diam di tempat, melainkan melangkah maju dunia luar yang nyata dan dalam tataran global. Diperhatikan oleh bangsa lain.

Mahasiswa sebagai kalangan terdidik dan terpelajar memiliki tangung jawab dalam pengembangan SDM yang berimbas pada peningkatan kemampuan masyarakat melalui kebutuhan hidup tersebut. Mereka berkewajiban manjadi media transformasi pengetahuan dan informasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam hal ini, diperlukan integrasi antar mahasiswa dan masyarakat.

Dalam proses integrasi ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pihak mahasisiwa terhadap masyarakat, yaitu:

1. Memperkenalkan pengetahuan yang mereka miliki dan mengaplikasikannya

2. Ikut berpartisipai dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran

3. Merelasisakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat yang kurang mampu dan anak yatim dalam bentuk santunan

Keistimewaan yang dimiliki mahasiswa tidak dapat diukur dari sisi materi, melainkan dari sisi wawasan dan intelektualitas yang dimilikinya. Mahasiswa selalu mencoba berfikir ideal dan rasional dalam menghadapi masa depan bangsa. Dengan demikian, masyarakat dan mahasiswa yang merupakan elemen yang ada didalamnya, diharapkann dapat bersikap bijak dan berfikir panjang dalam setiap menghadapi permasalahan yang akan dihadapi. Dan teori yang dimiliki mahasiswa serta pengalaman hidup masyarakat perlu diselaraskan untuk dapat mencapai tujuan yang lebih baik.

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu wadah pendidikan yang bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas, disamping menguasai berbagai teori yang ada juga diharapkan mampu mengintegrasikan segala aspek ilmu pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat, hal ini tentunya sesuai dengan visi yang dijunjung oleh UIN Syarif Hidayatullah.

Program KKS adalah salah satu kegiatan yang diharapkan dapat menghasilkan penerus bangsa yang mampu mengintegrasikan semua bidang keilmuan yang tentu saja seimbang dengan segala aspek keislamannya sehingga dapat bersaing secara kompetitif di era globalisasi sekarang ini maupun di masa mendatang.

Berangkat dari semua pemahaman diatas, kami mahasiswa/mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bermaksud menyelenggarakan Program KULIAH KERJA SOSIAL (KKS) Syahid Tahun Akademik 2012 guna menjembatani pentingnya pendidikan segala jenis pengetahuan umum yang sejalan yang sejalan dan selaras dengan aspek keislamannya serta guna menjembatani terjadinya perubahan untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

B. Identifikasi Masalah

Berdasakan dasarpemikiran diatas, dapat kami identifikasikan masalah-masalah sebagai berikut:

1. Bagaimana Kondisi Sosial, Budaya dan Keagamaan di desa sukaresmi?

2. Bagaimana Tingkat Pendidikan dan SDM di desa Sukaresmi?

3. Kegiatan Kepemudaan dan Olah Raga apa saja yang berkembang di desa Sukaresmi?

4. Potensi dan hambatan apa saja yang ada di masyarakat desa Sukaresmi?

5. Program kerja apa yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi saat ini di desa Sukaresmi?

C. Bentuk dan Program kegiatan

Kegiatan KKS Syahid 2012 ini terdiri dari rangkaian acara yang secara garis besar meliputi:

1. Keagamaan

2. Pendidikan dan Pengajaran

3. Pemuda dan Olahraga

4. Sosial dan Budaya

5. Penyuluhan dan Kerja Bakti

6. Hukum

D. Tujuan dan Target Kegiatan

Secara umum kegiatan KKS SYAHID 2012 ini memiliki dua tujuan pokok, yaitu:

1. Akademis

Secara akademis kegiatan KKS SYAHID 2012 dilakukan untuk memenuhi tugas kuliah pengabdian dan peduli kepada masyarakat yang wajib dilakukan oleh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, di samping sebagai prasyarat kelulusan program S1, juga sebagai wujud nyata lembaga Perguruan Tinggi (dalam hal ini UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) melalui mahasiswa terhadap kondisi nyata masyarakat kepedulian sekitarnya, sebagaimana termaktub dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. Juga seiring dengan misi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat.

2. Non-Akademis

Adapun maksud dan tujuan non akademis dari kegiatan KKS SYAHID 2012 yang dimanifestasikan dalam berbagai bentuk kegiatan yang akan kami rencanakan secara umum adalah :

a. Mengamalkan dan menstransformasikan materi-materi teoritis yang didapat dibangku kuliah dalam medan amal di lingkungan masyarakat.

b. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya pengetahuan agama Islam, hukum, dan ekonomi, melalui berbagai pendidikan baik formal maupun non formal.

c. Membantu masyarakat dalam menyelesaikan berbagai permasalan sosial, pendidikan maupun keagamaan, yang timbul secara bijak.

d. Menjalin tali silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat dalam menjalin suatu hubungan yang erat sebagai warga Negara Indonesia yang baik.

e. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas sumber daya manusia dalam mengembangkan pola pikir masyarakat Desa Sukaresmi.

E. Sasaran Kegiatan

Kegiatan KKS SYAHID 2012 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini berdasarkan kurikulum Perguruan Tinggi serta cerminan dari Tri Dharma perguruan tinggi sebagaimana yang telah termaktub dalam TAP MPR No. IV/MPR/1973 Tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara, Bab Pendidikan, dilaksanaan oleh ilmu pengetahuan dan pembinaan generasi muda. KKS dan baksos yang diselenggarakan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini diarahkan pada empat sasaran, yaitu:

1. Karang Taruna

2. Siswa (Pelajar)

3. Remaja Masjid

4. Masyarakat setempat

F. Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah Kuliah kerja Sosial (KKS) Syahi 2012 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Intelektualitas dan Kebersamaan Masyarakat”.

G. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan selama satu bulan, terhitung sejak tanggal 2 Juli 2012 s.d 2 Agustus 2012 di Desa Sukaresmi, Kec. Tamansari, Kab.Bogor, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| All Rights Reserved - Designed by Colorlib