Full width home advertisement

Perjalanan Umroh & Haji

Explore Nusantara

Jelajah Dunia

Post Page Advertisement [Top]

BAB V

EVALUASI KEGIATAN

A. Pencapaian Target

Kuliah Kerja Sosial telah menjadi salah satu program rutin di perguruan tinggi.Kuliah kerja sosial menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa dihadapkan pula pada tantangan bagaimana membuat dan melaksanakan program kerja baik individu maupun kolektif yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga nilai-nilai strategis program kuliah kerja sosial tersebut dapat didayagunakan dengan baik dan bermanfaat. Mahasiswa yang ber-KKS bukan karena menggugurkan salah satu syarat kelulusan namun merupakan rasa kesadaran diri dari pola kecerdasan yang ada dimana masyarakat sebagai tempat pengabdian total. Hasil pendidikan dibangku kuliah sekali lagi bukan hanya sekedar dengan mengukur angka-angka, tapi bagaimana ukuran dalam memberikan hati kepada masyarakat sehingga akan menjadi manusia-manusia unggul bagi Bangsa dan Negara kedepan, selain itu menjadi mozaik bagi masyarakat adalah tugas mahasiswa.

Program kegiatan yang telah dilaksanakan mencapai target yang diharapkan oleh kelompok 43 KKS Syahid 2012 dan memberikan kontribusi bagi masyarakat dari program-program yang direncanakan.

A. Subtansi Program Kerja

Terbentuknya suatu subtansi program kerja dalam rangkaian dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan mencakup seluruh aspek kehidupan dalam bermasyarakat.Nilai dari suatu subtansi tak terlepas dari kebutuhan masyarakat dan urgensi masyarakat terhadap program kerja yang dilaksanakan.Pokok dari kegiatan dalam bidang sosial adalah memberdayakan masyarakat warga jompo dan lansia. Nilai substansi program kerja mempengaruhi aspek masyarakat dengan memperkenalkan berbagai kebutuhan yang bersifat terpenting dalam kehidupan selanjutnya, menguraikan pelatihan penyelerasan arah kiblat serta memahami akan pentingnya hukum keluarga dalam pendidikan pra nikah bagi semua warga khususnya yang belum nikah. Penyajian subtansi program kerja ini tidak terlepas bagi kalangan usia dini, yang mana mereka bersedia belajar dan mempunyai bakat dalam latihan tari, berbahasa asing, dan juga computer.

Terjalinnya kedekatan dengan warga adalah nilai dari program kerja, yang membaur dalam bidang olah raga, futsal, basket dan jalan santai.Ikut serta dan menghadiri tradisi warga setempat dalam membantu pembangunan masjid-masjid serta mushola-mushola yang biasanya dipakai dengan mengaji rutinitas dengan warga sebagai tradisi setempat.Namun kedekatan warga tidak hanya melalui salah satu kegiatan tersebut. Melancarkan akses dalam kebutuhan air dengan membangun MCK serta alat menimba air.

Subtansi program kerja yang di sajikan terlibat warga yang berkecimpung dalam semua program kerja kegiatan Kuliah Kerja Sosial.


BAB VI

KESIMPULAN

A. Kesimpulan

Kuliah Kerja Sosial (KKS) Syahid 2012 yang di laksanakan mulai tanggal 2 Juli-2 Agustus 2012 di Desa Sukaresmi Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor kegiatan serta programnya alhamdulillah berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya. Walaupun terdapat beberapa kendala kecil, tetapi hal tersebut tidak menjadi sebuah penghalang kesuksesan acara KKS Syahid 2012.

Kami terus mencari solusi yang terbaik untuk berlangsungnyaacara secara baik, aman, menarik, mampu meningkatkan iman dan takwakepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan kerjasama, dan bermanfaat bagi warga Desa Sukaresmi kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor Jawa Barat.

B. Saran

Saran untuk Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) UIN syarif Hidayatullah Jakarta, sesuai dengan apa yang kami temukan dalam masyarakat sesungguhnya masyarakat desa pada umumnya, khususnya di desa Sukaresmi yang warga butuhkan adalah bidang pendidikan dan pengajaran, oleh karenanya kebijakan Kuliah kerja Nyata/Sosial pada tahun yang akan datang harus berani tampil beda, misalnya saja dengan mewajibkan setiap kelompok KKN/KKS mengikutsertakan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan. Hal ini dimaksudkan agar Program Pendidikan dan Pengajaran yang diperlukan oleh masyarakat setempat terarah danlebih optimal dalam pelaksanaannya, demikian juga agar mahasiswa dari Non-fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan seperti Faklutas Syari’ah dan Hukum, Fisip dan fakultas-fakultas yang lainnya tidak Murtad Akademik.

Saran terakhir untuk LMP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bahwa seyogyanya LPM sebagai lembaga terdepan dalam pengabdian terhadap masyarakat di kampus, membuat Program Wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap kelompok yang ber- KKN/KKS, hal ini perlu dipikirkan secara matang program apa yang yang nantinya menjadi program wajib, ini menjadi Pekerjaan rumah dan tanggung jawab LPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lampiran 1

SUSUNAN KEPANITIAAN

PESERTA KULIAH KERJA SOSIAL (KKS) SYAHID 2012

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

SYARIF HIDAYATULLAHJAKARTA

Pelindung : Prof. Dr. Komarudin Hidayat, MA.

(Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Pembina : Prof. Dr. H. Moh. Matsna HS, MA.

(Purek I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Penanggung Jawab : Dr. H. Yayan Sopyan, SH., MA.

(Ketua LPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Penasehat : H. M. ATING

(Kepala Desa Sukaresmi)

Pembimbing : Dra. Maskufa, MA.

Ketua : M. Ishar Helmi

Sekretaris : Uuf Rouf

Bendahara : Dewi Ratna Anggraini

Divisi-divisi

Divisi Acara Divisi Perlengkapan

Ihsan Badruni Nasution Asep Kustia Erawandi

Salsabila Indah Lestari Aprilia Susanti

Nur Rohim Umar Hamdan

Nelin Najakh Jefri AR.

Divisi Humas Divisi Logistik

Hasyim Ashari Siti Masliah

Achmad Wira Atmaja Roswati

Nailul Fadhilah

Divisi Pubdekdok Siti Marhamatun Najwa

M. Fahmi Frmansyah

Roro Estri Melati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| All Rights Reserved - Designed by Colorlib