Full width home advertisement

Perjalanan Umroh & Haji

Explore Nusantara

Jelajah Dunia

Post Page Advertisement [Top]

BAB II

KONDISI LOKASI KKS

A. Deskripsi Lokasi KKS Syahid 2012

1. Kondisi Geografis

Desa Sukaresmi merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Desa Sukaresmi berbatasan dengan Kecamatan Ciomas di sebelah utara, Kelurahan Tamansari di sebelah selatan, Kelurahan Sukaluyu di sebelah barat, dan Kelurahan Pasireurih di sebelah Timur. Kelurahan Sukaresmi terbagi dalam tiga dusun, 13 Rukun Warga (RW) dan 52 Rukun Tetangga (RT).

Desa Sukaresmi kurang lebih berada pada ketinggian 400-500 meter di atas permukaan laut dan jumlah hari dengan curah hujan terbanyak adalah 4.Sedangkan suhu rata-rata harian adalah 250C – 280C. Bentuk wilayah Desa Sukaresmi terdiri dari wilayah datar sampai berombak sebanyak 40 % dan wilayah beromabak sampai berbukit sebanyak 60 %.Wilayah Desa Sukaresmi terdiri dari tanah sawah seluas 181 ha. Irigasi sederhana seluas 80 ha dan sawah tadah hujan seluas 101 ha.

Desa Sukaresmi terbagi atas sebelas kampung, yaitu sebagai berikut :

1. Lebak Jaya 7. Babakan

2. Sengkel 8. Sawah Garung

3. Hegarmanah 9. Laladon

4. suka Mulya 10. Buniaga

5. Cileueur 11. Balung Tunggal

6. Babakan

Luas wilayah desa ini sekitar 500 ha.Desa Suakresmi berjarak 45 km dari ibukota Kabupaten Bogor. Sedangkan jarak dari Kecamatan Tamansari sekitar 4,1 km dengan waktu tempuh 15 menit. Perjalanan tersebut diukur dengan menggunakan fasilitas transportasi yang digunakan oleh masyarakat umum Desa Sukaresmi, yaitu angkot dan ojek.

2. Struktur Penduduk

Jumlah kepala keluarga yang ada di Desa Sukaresmi adalah 2.765 kepala keluarga. Total penduduk adalah 10.627 jiwa, dengan rincian 5.409 penduduk laki-laki dan 5.218 penduduk perempuan. Pada umumnya penduduk Desa Sukaresmi menganut agama islam sebanyak 5 orang dan 1 orang menganut Agama Budha. Jumlah penduduk berdasarkan mata pencaharian yaitu 8.360 orang petani, 675 orang pemilik tanah, 39 petani penggarap tanah,258 orang buruh tani, 121 orang pengusaha, 10 orang pengrajin 200 orang bergerak di bidang industri kecil, 1.000 orang merupakan buruh industri sepatu 38 orang pedagang, 57 orang bergerak di bidang jasa/pengemudi, 14 orang PNS dan 19 orang pensiunan. Penduduk Desa Sukaresmi lebih senang menggantungkan mata pencahariannya sebagai buruh pengrajin sepatu, terutama dari golongan pemuda dan pemudinya.

Jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikan, yaitu 1.903 orang belum sekolah, 531 orang tidak tamat sekolah, 1.043 orang tamat SD/sederajat, 251 orang tamat SLTP/sederajat, 124 orang tamat SMA/sederajat, 10 orang tamat akademi, 5 orang tamat perguruan tinggi dan 210 orang buta huruf. Jumlah orang yang memiliki cacat fisik sebanyak 3 orang, cacat mental 1 orang dan tuna netra wicara 1 orang.

3. Sarana dan Prasarana

Sarana pendidikan teridiri atas 4 SD dengan jumlah 1.300 orang, 23 orang guru, 2 Madrasah/Ibtidaiyah negeri dangan jumlah murid 500 orang, 12 orang guru dan 3 pondok pesantren. Desa Sukaresmi memiliki sarana kesehatan berupa Puskesmas sebanyak 1 buah dengan 1orang dokter, 4 orang para medis dan 3 orang bidan, klinik kesehatan 1 buah, Pos KB 1 buah, di Desa Sukaresmi juga terdapat bidan praktek sebanyak 2 orang, dan dukun beranak sebanyak 5 orang, saran air bersih 2 buah dan Posyandu 17 buah , bertempat di rumah-rumah penduduk.

Sarana keagamaan terdiri dari 15 buah mesjid, 39 buah mushola dan 8 buah majelis ta’lim.Prasaranan transportasi darat terdiri atas jalan desa, jalan antar desa/kecamatan, jalan kabupaten dan jembatan antar desa/kecamtan. Jalan desa dengan panjang aspal yang baik adalah 5,4 km, panjang jalan diperkeras 2,6km, jalan tanah 3 km dan pada saat ini Desa Sukaresmi menerima bantuan kembali berupa betonisasi jalan, jembatan antar desa/kecamatan berupa jembatan beton berjumlah 1 unit dengan panjang 16 meter. Sarana transportasi darat terdiri dari angkutan kota sebanyak 27 buah truck 18 buah, mobil pribadi 39 buah, sepeda motor 120 buah, sepeda 110 buah.

Prasarana komunikasi terbagi menjadi 2 buah wartel, radio dan TV 1.114 unit. Sarana perekonomian yang terdapat di Desa Sukaresmi berupa Koperasi Simpan Pinjam sebanyak 1 buah, toko/kios/warung 18 buah perusahaan/bentuk usaha berupa home industri seperti industri sepatu sebanyak 480 buah yang menyerap tenaga kerja berjumlah 280 orang dan produk yang berupa sepatu atau sandal tersebut biasanya dijual oleh penduduk Desa Sukaresmi ke pasar Anyar Bogor, rumah makan/warung sebanyak 3 buah dengan jumlah tenaga kerja 12 orang dan angkutan barang sebanyak 16 buah dengan tenaga kerja 32 orang. Kegiatan pedagang kaki lima di Desa Sukaresmi antara lain, gurilem, gorengan, mie ayam, dan mie bakso.

B. Urgensi Pemilihan Lokasi KKS Syahid 2012

Berdasarkan kondisi lokasi KKS tersebut diatas, perlu kami uraikan mengapa Desa Sukaresmi menjadi pilihan tempat melaksanakan kegiatan KKS Syahid 2012.

1. Desa Sukaresmi merupakan salah satu desa tertinggal ditinjau dari tingkat pendidikan dan sisio masyarakat.

2. Desa Sukaresmi memiliki wilayah yang cukup luas terdiri dari 13 kampung 53 RT didalamnya masih terdapat sebagian besar masyarakat yang kurang mengerti akan pentingnya kemajuan teknologi.

3. Desa Sukaresmi banyak perkawinan yang tidak dicatatkan oleh P3N (pembantu pejabat pencatat akta nikah),serta kurangnya perhatian pejabat pemerintah terutama pejabat KUA dalam menampung keluhan-keluhan yang terjadi dalam masyarakat.

4. Sering terjadinya kesalah pahaman antar tokoh agama yang satu dengan tokoh agama yang lainya karena persaingan yang kurang sehat.

5. Masih terdapat sebagian kampung yang tidak mempunyai tempat pemandian umum (MCK) yang memadai.

6. Mayoritas penduduk bermata pencaharian Home Industri (kerajinan sepatu) yang mana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anak-anak ikut membantu kedua orang tuanya sampai anak-anak tersebut putus sekolah.

Banyak warga lansia (jompo) yang kesulitan untuk bertan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| All Rights Reserved - Designed by Colorlib